Rabu, 26 Juni 2013

Musik Kematian Gloomy Sunday

Rezsőe Seress
Di dunia ini pernah diciptakan sebuah lagu yang meledak di pasaran pada tahun 1933, Gloomy Sunday. Lirik lagu ini ditulis oleh Lazzlo Javor, dan aransemen musiknya oleh komposer serta pianis Hungaria, Rezsoe Seres.

Sekitar tahun 1935, Lazzlo Javor menulis sebuah lagu yang berjudul Gloomy Sunday Lagu itu sengaja dikarang Lazzlo untuk pujaan hatinya. Lagu tersebut kemudian dijadikan irama musik oleh Rezsőe Seress dan rekaman lagu itu langsung meledak di pasaran. Tetapi, kejadian buruk yang tidak diperkirakan terjadi, kekasih Lazzlo Javor mencabut nyawanya sendiri tidak lama setelah peluncuran lagu tersebut. Di sisinya terdapat surat niatan bunuh diri yang bertuliskan,Gloomy Sunday.

Beberapa waktu kemudian, seorang pegawai negeri Hongaria bunuh diri dengan menembak dirinya. Mayatnya ditemukan dalam posisi menelungkup di atas kopi lirik lagu Gloomy Sunday.

Selanjutnya, seorang gadis berupaya meracuni dirinya. Ketika kepergok, lagu Gloomy Sunday masih mengalun di alat musik dalam ruangan itu.

Ada sebuah kisah lagi yang terjadi di sebuah restoran di Budapest. Seorang pemuda menembak dirinya ketika band musik di restoran itu baru saja memainkan lagu Gloomy Sunday.

Selain itu ada juga kasus bunuh diri yang dilakukan oleh Biliy Mackenzie, vokalis band The Associates pada tahun 1997 yang meng-cover lagu Gloomy Sunday versi Billie Holiday di tahun 1982). Dia mengakhiri hidupnya di rumah ayahnya di Dundee. 

Semenjak awal diciptakannya lagu itu, banyak peristiwa bunuh diri terjadi bagi mereka yang mendengarkan dan juga menyanyikan lagu itu. Dan pada puncaknya yaitu sekitar tahun 1941, seorang musisi asal Inggris yaitu Billie Holiday menyanyikan lagu itu dan menjadi hits di putar di radio-radio. Tapi akibat yang terjadi banyak ratusan kasus bunuh diri terjadi setelah lagu itu diputar di radio-radio Inggris, Amerika maupun Hungaria. Hal ini yang menyebabkan kegelisahan stasiun radio saat itu dan mereka depresi untuk mengudara kembali pasca kejadian itu. Lalu mulai mem-banned lagu tersebut untuk di putar lagi di radio-radio. Dan statiun radio Inggris BBC pun memasukan lagu tersebut sebagai lagu terlarang untuk diputar di radio mereka. Dari Inggris lalu ke Amerika untuk mem-banned lagu tersebut serta di Hungaria sendiri sebagai tanah kelahiran dari lagu tersebut.

Disaat yang sama surat kabar terkenal di Amerika yaitu New York Times menulis artikel tentang itu, dan berikut cuplikannya :
“ Budapest, January 13. Rezsoe Seres, whose dirge-like song hit, "Gloomy Sunday" was blamed for touching off a wave of suicides during the nineteen-thirties, has ended his own life as a suicide it was learned today.
Authorities disclosed today that Mr. Seres jumped from a window of his small apartment here last Sunday, shortly after his 69th birthday.
The decade of the nineteen-thirties was marked by severe economic depression and the political upheaval that was to lead to World War II. The melancholy song written by Mr. Seres, with words by his friend, Ladislas Javor, a poet, declares at its climax, "My heart and I have decided to end it all." It was blamed for a sharp increase in suicides, and Hungarian officials finally prohibited it. In America, where Paul Robeson introduced an English version, some radio stations and nightclubs forbade its performance.
Mr. Seres complained that the success of "Gloomy Sunday" actually increased his unhappiness, because he knew he would never be able to write a second hit. "
Lagu itu kemudian menjadi sebuah legenda, dimana para pendengarnya pasti berinisiatif untuk mengakhiri hidupnya. Termasuk penciptanya sendiri yaitu Rezső Seress yang mengakhiri hidupnya dengan melompat dari jendela apartemennya pada tahun 1968. 

Bagaimana sebuah lagu bisa membuat seseorang menjadi bunuh diri?
Apa sebenarnya isi dari lagu tersebut?
Gloomy Sunday memang menyiratkan keputusan dan kesedihan. Meski begitu,lagu ini begitu laris di pasaran meski beberapa komentar mengatakan bahwa lagu ini tidak membawa kebaikan untuk didengarkan oleh penikmat musik.


Kita tidak bisa menyebutkan bahwa lagu ini merupakan sebuah lagu kematian. Karena tidak semua orang memutuskan untuk bunuh diri setelah mendengarkan lagu ini. Bisa jadi hal itu merupakan sebuah sugesti karena perasaan sedang sangat down dan bertemu dengan lagu yang sangat mendukung yang membuat kehilangan kesadaran dan berbuat hal-hal yang bodoh. Berhati-hatilah, kontrol perasaan saat mendengarkan lagu-lagu galau, apalagi lagu Gloomy Sunday.


Berikut ini adalah Lirik dari Gloomy Sunday tersebut.



Gloomy Sunday
Sunday is gloomy, my hours are slumberless
Dearest the shadows I live with are numberless
Little white flowers will never awaken you
Not where the black coach of sorrow has taken you
Angels have no thought of ever returning you
Would they be angry if I thought of joining you?
Gloomy Sunday
Gloomy is Sunday, with shadows I spend it all
My heart and I have decided to end it all
Soon there'll be candles and prayers that are sad I know
Let them not weep let them know that I'm glad to go
Death is no dream for in death I'm caressing you
With the last breath of my soul I'll be blessing you
Gloomy Sunday
Dreaming, I was only dreaming
I wake and I find you asleep in the deep of my heart, here
Darling, I hope that my dream never haunted you
My heart is telling you how much I wanted you
Gloomy Sunday

Please, don't kill yourself after listening this song !

23 komentar:

  1. ampe segitunya, ngeri bener sob!

    BalasHapus
  2. nyeri nie malam-malam nyayi ini hihihi serem !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan nyanyi malem-malam donk sobs... :D

      Hapus
  3. Waduh ... cukup mengerikan ya? ... ogah denger ah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan didengerin deh...
      Cukup mengetahui aja.. :)

      Hapus
  4. sempat dibahas sama on the spot, sempet denger lagunya waktu nonton itu, ya bener, seperti ada mistisnya gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali dibahas karna untuk kepentingan pribadi dan kepentingan umum sobs...
      hehehe :)

      Hapus
  5. angker musiknya, hihhi.. saya sudah dua kali dengernyaa. kalau punya lagunya, enak nih nakutin temen2 kalau listrik lagi padam, angkernya dapat malam2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heehehe...
      Mulai deh jahilnya Kang Dimas...
      kerjanya nakut2in temen aja... :D

      Hapus
  6. Ngeri jg nii lagu yaa.. Uuuh..
    Keep posting mas.. i'm still watching.. ;)
    By; Deafile Bedah Blog

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Lagunya lumayan serem,, tapi Adminnya gak serem-serem amat kok..!!!
      heheheh... :D

      Hapus
  8. Judulnya aja serem gan, apalagi lagunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagunya melow kok gan... tapi liriknya aja yang membahana badai...
      Sesuatu banget deh pokoknya... :)

      Hapus
  9. saya tidak terlalu mengerti sih mengapa bisa terjadi keterkaitan antara lagu gloomy sunday dengan peristiwa bunuh diri, karena terlalu menghayati kah? :D tapi kalau lagu yang dipake untuk membuat seorang tahanan mengakui kesalahannnya di negara apa gitu (dulu) saya cukup pahamlah

    BalasHapus
    Balasan
    1. lirik lagunya kalo terlalu dihayati akan membuat pendengarnya merasa depresi dan tertekan,, yang akan memotivasi untuk mengakhiri hidup...
      Makanya jangan terlalu dihayati lagunya...
      Oke..oke... :)

      Hapus
  10. ngeriiii banget,,, huuu.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dateng mukanya ngeri...
      wkwkwwkaboorrr.... ^_^\/

      Hapus
  11. liriknya biasa-biasa aja, tapi kalo dengerin langsung lagunya sih ga tau..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan dengerin lagunya deh..
      Cos bisa berdampak buruk ntar...
      yayaya... :)

      Hapus

info unik (242) fakta unik (144) unik (98) musik (69) karya seni (67) aneh (62) Fakta Aneh (61) Inspirasi (40) Lifestyle (40) seni (35) Photo Unik (26) budaya (25) News (20) sejarah (20) Humor (6) Unique (1)