Jumat, 29 Maret 2013

Tanbo Art, Seni Melukis Diatas Sawah


Ketika industri seni sibuk dengan pemujaan pada seniman-seniman berkelas, takjub terhadap harga selangit di balai-balai lelang terkenal, kaum akar yang sering terpinggirkan tetap asik mencipta karya seni dengan basis kerakyatan serta kebersamaan.
Sebagai contoh, yang belakangan kabarnya sedang hype adalah karya seni para petani Jepang di atas sawah mereka, atau lebih dikenal sebagai Tanbo Art.

Tanbo Art adalah seni ‘melukis’ diatas kanvas raksasa, yaitu berupa sebidang sawah. Karya seni ini pertama kali muncul pada tahun 1993 di desa Inakadate, 600 mil dari Tokyo (masuk dalam Prefektur Aomori di wilayah Tohoku, Jepang).

Di tahun tersebut, penduduk Inakadate sedang mencari cara untuk merevitalisasi desa mereka. Eksplorasi arkeologi menyebabkan kesadaran bahwa padi telah ditanam di daerah tersebut selama lebih dari 2000 tahun.

Untuk menghormati sejarah ini, mulailah mereka membuat inovasi karya seni dan sawah dipilih sebagai medianya. Guna memperoleh warna yang beraneka rupa, petani Inakadate menggunakan empat jenis varian padi.

Proses penciptaan Tanbo Art lumayan rumit dan penuh ketelitian. Desain gambar dibuat awal dengan bantuan komputer sebelum diterapkan di atas “kanvas hijau raksasa”.

Setiap bulan April, warga desa bertemu dan memutuskan apa yang akan ditanam selama tahun berjalan. Misalnya saja, di tahun 2007 saja ada 700 petani yang membantu dalam satu proyek Tanbo Art. Menurut sumber Wiki, lukisan Gunung Iwaki yang sederhana menjadi lukisan yang pertama dibuat, dan dikerjakan selama sembilan tahun.




Kini, Tanbo Art sudah menyebar ke berbagai wilayah di Jepang dan bisa dibilang merupakan salah satu objek wisata yang patut diperhitungkan. Menariknya, tak seperti fenomena crop circle yang menuai sensasi soal kedatangan Alien (meskipun ternyata hanya karya seni belaka), Tanbo Art murni karya seni yang berakar kerakyatan. Hal ini juga menjadi bukti bahwa kaum tani pun memiliki cita rasa seni yang tinggi.

readmore »»  

Kamis, 28 Maret 2013

Sejarahnya Lambang Tengkorak Bendera Bajak Laut


Bendera bajak laut berlambang tengkorak, kapal bajak laut umumnya menggunakan bendera dengan gambar tengkorak sebagai lambang kebesarannya. Sebenarnya apa maksud dan arti dari lambang tersebut, bagaimana pula sejarahnya? Bila dilihat dari sejarah pengibaran bendera ini, ada berbagai macam tujuan dan maksud bila sebuah kapal mengibarkan bendera tengkorak. Jolly Roger, demikian nama bendera tersebut. Ada berbagai macam cerita mengenai asal muasal nama itu sendiri.

Mungkin nama tersebut adalah plesetan lidah orang Inggris saat mendengar orang Perancis berbicara “Jollie Rouge” (Si Merah yang Cantik). Dulu gambar tengkorak dilukis pada bendera berwarna merah. Bendera ini juga digunakan para ksatria templar pada abad 13-14 untuk menandai kapal-kapal milik para ksatria templar. Hal ini karena para ksatria Templar percaya, bahwa kebangkitan jiwa mereka untuk tetap ikut bertempur akan dapat terus abadi dengan diwakili tengkorak dan dua ruas tulang lengan mereka.

Ada yang berpendapat, mungkin nama jolly roger diambil dari raja Sisilia yang pertama kali mengibarkan bendera tersebut untuk armada kapal templar pada tahun 1127 , yaitu King Roger II. Pendapat lain, nama tersebut diambil dari plesetan lidah orang Inggris untuk menyebut “Ali Raja”, seorang bajak laut asal Tamil. 



Selain itu, ada beberapa pendapat lain mengenai asal mula nama jolly roger. Terdapat beberapa bentuk desain. Ada yang membuat gambar tengkorak dengan dua pedang bersilang, ada yang membuat gambar tegkorak tampak samping, juga gambar tengkorak dengan berbagai asesoris. Penggunaan bendera ini oleh para bajak laut adalah untuk memberikan isyarat kepada kapal calon mangsa untuk bersiap-siap.

Bendera yang kemudian dilukis dengan latar belakang hitam dimaksudkan agar kapal mangsa menyerah karena jika tidak menyerah, maka para bajak laut tidak mengenal ampun (no quarter, no mercy). Jika kapal mangsa bertahan, maka bendera hitam (black jack) diturunkan, digantikan bendera merah (red jack) yang artinya darah akan segera mengalir tanpa ampun.

Unit-unit militer juga mengibarkan bendera ini untuk melambangkan keberhasilan dan kemenangan dalam tugas, keberanian dalam menghadapi bahaya, serta ketabahan sampai akhir. Contoh, pada PD II unit-unit kapal selam Inggris dan Australia mengibarkan bendera tengkorak saat masuk pelabuhan sebagai tanda suksesnya sebuah misi serta keberanian dalam bertempur.

Satuan Waffen SS divisi 33 (Tottenkopf) juga menggunakan lambang tengkorak ini. Dalam perang teluk, kapal-kapal perang Inggris yang telah menembakkan rudal tomahawk, yaitu HMS Trafalgar, HMS Triumph, HMS Turbulent kembali ke pangkalan dengan mengibarkan bendera tengkorak.

Untuk memaknai kibaran bendera tersebut, dapat diambil dari makna yang terdapat pada sejarah kapal yang mengibarkan. Salah satu yang bisa dipakai sebagai makna adalah pengibaran tersebut dilaksanakan oleh kapal-kapal yang kembali ke pangkalan dengan membawa keberhasilan atau kesuksesan pelaksanaan misi mereka. Misi-misi tersebut merupakan misi yang menantang bahaya, penuh keberanian, serta bersifat heroic. Hal tersebut seperti kibaran bendera tengkorak pada perang dunia II maupun saat perang Teluk.

Kita juga sering melihat KRI Dewaruci mengibarkan bendera tersebut. Karena banyaknya pendapat yang berbeda, sehingga jika KRI Dewaruci terlihat mengibarkan bendera tengkorak, maka itu bisa bermakna kapal tersebut telah berhasil melaksanakan misi-misinya.Selama puluhan tahun melayari samudra-samudra ganas, berhadapan dengan badai dan keganasan alam yang lain dengan mengandalkan perlengkapan kapal yang dipertahankan berupa peralatan tradisional. Selama itu pula KRI Dewaruci telah berhasil melaksanakan tugas yang dibebankan. 
readmore »»  

Tersenyumlah, Karena Inilah Manfaatnya!




Sebuah Senyuman dapat membuat seseorang lebih menarik, Karena ada faktor daya tarik tertentu dan membuat seseorang terlihat lebih baik daripada mengerutkan kening, cemberut atau meringis.
Sebuah Senyuman dapat mengubah suasana hati, Membantu suasana hati seseorang berubah menjadi lebih baik. Untuk itu jika Anda merasa sedih, cobalah untuk tersenyum.
Sebuah Senyuman dapat menular, Tidak hanya mengubah suasana hati orang tapi juga orang-orang disekitarnya, dan membuat segala sesuatu lebih bahagia. Hal ini karena senyuman dapat menular dan membawa kebahagiaan kepada orang lain.
Sebuah Senyuman dapat mengurangi stres, Orang yang sedang stres dapat dilihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah seseorang tampak lelah dan frustasi. Jika Anda sedang stres, cobalah meluangkan waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres, sehingga lebih mampu mengambil tindakan.
Sebuah Senyuman meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik. Ketika seseorang tersenyum maka fungsi kekebalan tubuh meningkat yang membuat seseorang merasa lebih santai dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.
Sebuah senyuman mengurangi tekanan darah, Saat tersenyum maka ada penurunan tekanan darah terukur. Cobalah untuk mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sambil membaca, lalu tersenyum selama satu menit dan tekanan darah diukur lagi, maka akan terlihat perbedaannya.
Sebuah Senyuman dapat membebaskan hormon endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin, Penelitian menunjukkan senyuman bisa membebaskan hormon endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat alami.
Lipatan senyuman di wajah dapat membuat orang terlihat lebih muda, Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum mengangkat wajah sehingga dapat membantu membuat orang terlihat lebih muda. Oleh karena itu cobalah untuk tersenyum lebih sering yang membuat merasa lebih muda dan lebih baik.
Sebuah senyuman dapat membuat orang terlihat sukses, Orang yang tersenyum akan terlihat lebih percaya diri, jauh lebih dipromosikan, tapi pasang senyum di setiap pertemuan akan memiliki reaksi yang berbeda.
Sebuah senyuman dapat membantu orang tetap bersikap positif, Akan membuat orang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif. Dengan mengurangi depresi, stres dan khawatir juga akan meningkatkan kesehatan seseorang dan menghindari risiko berbagai penyakit.
sumber 

readmore »»  

Cara PDKT Anak Band Sesuai Instrumen yang Dipegang



Anak band itu emang punya kharisma tersendiri. Dari dulu sampe sekarang, kayaknya jadi anak band itu adalah jaminan untuk digila-gilai lawan jenis. Gak percaya? Liat aja Andhika Kangen Band. Kalo dia bukan anak band, kayaknya gak mungkin bisa nikah sampe 4 kali kan ya? Tapi hari ini kita gak mau ngomongin Andhika Kangen Band. Kita mau ngomongin sebuah fakta bahwa ternyata anak band itu punya cara PDKT sesuai dengan instrumen yang dipegang. Ah masashi ueda?! Iya lho! Cekidot!

1. Gitaris
Gitaris ini biasanya kalah pamor sama vokalis, padahal biasanya gitaris ini justru adalah 'nyawanya' sebuah band. Biasanya dia yang bikin-bikin lagu dan mengarahkan musik band tersebut. Intinya, biasanya gitaris ini adalah sumber kreativitas sebuah band gitu deh. Nah, dalam melakukan PDKT, biasanya para gitaris ini udah terkonsep dan cenderung lebih romantis gitu deh. Mungkin mereka gak terlalu banyak ngomong, tapi apapun yang dilakukan tuh ternyata konseptual gitu. Pokoknya bisa bikin pasangannya kaget gitu deh.

2. Drummer

Drummer ini kan terbiasa dengan posisi yang di belakang gitu ya, ketutupan anggota band yang lain. Nah, ini tentu saja mempengaruhi cara PDKT mereka. Karena biasa ada di belakang, drummer ini juga lebih suka 'main belakang'. Mereka lebih suka PDKT dengan cara gerilya dan terselubung gitu deh. Pas pasangannya lagi gak siap, tau-tau si drummer akan mengejutkan dengan pernyataan cinta! Terus ditolak karena ternyata si drummer udah dianggap kayak kakak sendiri.

3. Vokalis
Vokalis itu pada umumnya selalu jadi pusat perhatian. Mereka biasanya berkharisma dan bertanggung jawab menjadi frontman sebuah band. Seorang vokalis itu pastinya harus pede dong ya. Nah, kepedean ini mereka bawa ke cara PDKT mereka. Seorang vokalis kalo PDKT mah terang-terangan aja, langsung, to-the-point. Mereka modelnya sih yang mengandalkan sepik gitu deh. Pokoknya dengan modal mulut itu bisa dapet macem-macem lah.

4. Bassist
Bassist ini diam-diam menghanyutkan nih. Seorang basis itu biasanya anaknya cool dan asik gitu. Gak banyak ngomong, tapi lawan jenis akan rela ngangkang buat dia gitu. Nah, cara PDKTnya pun seperti itu. Tenang, misterius, dan bikin penasaran. Terus ntar lawan jenisnya deh yang ngejer-ngejer. Happy ending.

5. Manajer
OK, manajer sebenernya gak pegang instrumen sih. Tapi dia kan bagian tak terpisahkan dari sebuah band juga. Nah, dalam PDKT, biasanya seorang manajer ini kebawa kebiasaannya nih. Suka ngatur-ngatur. Bagusnya sih semuanya serba jelas ya, kalo mau ngedate gitu dia udah punya itinerary buat seharian gitu. Tapi gak enaknya ya gitu, belum-belum udah ngatur. Trus ntar apa-apa harus minta ijin doi. Manajer ini juga biasanya suka ngasih harapan-harapan gitu deh. Janji mau bikinin album tapi gak jadi-jadi. Janji mau kawinin tapi gak kawin-kawin. Pokoknya ati-ati deh kalo dijanjiin sama manajer band.
readmore »»  

Lagu Nina Bobo Mendunia

Nina Bobo...
Sebuah lagu yang sewaktu kecil sering disenandungkan sebagai penghantar tidur kita ternyata sudah mendunia. Kalau tidak yakin dengan hal itu, coba saja pergilah ke situs youtube, kemudian ketik kata kunci Nina Bobok, maka akan muncul beberapa video tentang video lagu Nina Bobo.

Dan diantara deretan video tersebut terdapat beberapa penyanyi asing yang menyanyikan lagu Nina Bobok diantaranya, Anneke Gronloh,Wieteke van DortLi Xiao Mei, Jack Jersey, dan yang paling baru adalah Claudia Patacca dan Gerrit Ellen..

Video yang diunggah oleh akun biancajans, menampilkan sebuah orkestra di Belanda dengan paduan suara bernama ‘Die Minnesanghers’ yang dipimpin oleh Claudia Patacca dan Gerrit Ellen menyanyikan lagu Nina Bobo dengan indah.

Lirik lagu ini dinyanyikan sama dengan yang kita tahu, “Nina Bobo oh Nina Bobo, kalau tidak bobo digigit nyamuk”. Sebuah penampilan yang bisa dikatakan mempesona karena dinyanyikan dalam bentuk paduan suara, oleh warga Belanda pula. Tepuk tangan meriah pun diberikan oleh para penonton. Para penyanyi pun terlihat bangga dalam menyanyikannya.


Video yang diunggah pada tanggal 9 Januari 2011 itupun telah disaksikan oleh lebih dari 21 ribu pengunjung, dan berbagai komentar positif pun mengalir untuk video tersebut.

Seperti yang disebutkan di atas, lagu ini pun pernah dinyanyikan oleh seorang penyanyi wanita asal China. Video yang diunggah oleh akun eastasianmusicloverpada tanggal 19 Februari 2011 ini dinyanyikan oleh Li Xiao Mei, namun hanya dalam format suara saja. Bedanya, dalam versi ini lagu tersebut dinyanyikan dengan lirik mandarin, walau kata Nina Bobo-nya tidak dihilangkan. Video ini mendapat perhatian dari sekitar 1100 pengunjung.

Indonesia bisa bangga bahwa lagu ciptaan bangsa ini mampu mengalun dengan indah di berbagai Negara di dunia. Namun, sampai saat ini masih belum jelas siapakah yang menciptakan lagu tersebut. Yang jelas, kata ‘Nina Bobo’ lahir sebagai terjemahan dari lullaby, yang berarti Lagu Penghantar Tidur.

Tak hanya lagu Nina Bobo, ternyata masih banyak lagi lagu Indonesia yang dinyanyikan oleh penyanyi mancanegara. Kita boleh bangga karena hasil karya dalam bentuk seni, termasuk musik, asal Indonesia semakin mampu dinikmati oleh seluruh bangsa di penjuru bumi ini.



Asal Mula Lagu Nina Bobo
Ada teori yang menyatakan lagu Nina Bobo berasal dari akulturasi budaya Portugis pada di abad ke 16. Dalam bukunya, Portuguese influence in Indonesia, Antonio Pinto da Franca, menyatakan Nina Bobo adalah berasal dari bahasa Portugis lama yang berarti, ‘tidurlah anakku’.

Tidak hanya itu saja, ada juga cerita lain mengenai asal mula lagu Nina Bobo ini, berikut cerita nya yang saya ambil dari Google:

Jadi ternyata Nina di lagu ‘Nina Bobo’ ini anak perempuan blasteran Indonesia-Belanda yg lahir di tahun 1871 Nama lengkapnya Helenina Mustika Van Rodjnik. Ibunya orang Jawa, sehari-hari kerja sbg penari. Bapaknya Belanda, namanya Kapten Van Rodjnik
Kabarnya sejak si Helenina masih bayi, dia selalu susah tidur. Setiap mau tidur selalu berontak dan nangis-nangis krn susah tidurnya si Helenina tadi, ibunya selalu nyanyiin senandung kecil buat mancing Nina tidur Lama kelamaan Helenina jadi terbiasa harus dinyanyiin dulu sebelum dia tidur. Setiap malem kalau nggak dinyanyiin dia nggak bisa tidur Krn kebiasaan ini, Kapten Van Rodjnik minta sama istrinya untuk sekalian ngebuat lirik penenang, spy Helenina dan Van Rodjnik bisa ngerti Karna di rumah mereka banyak nyamuk, dibuatlah lirik Nina Bobo kayak yg skrg sering kita denger Di tahun 1875, Helenina sakit parah, demam tinggi gitu. Gara-gara sakit itu, dia nangis setiap malam Sakitnya Helenina berkepanjangan. si ibu tiap malam terus-terusan nyanyiin Nina Bobo supaya si Nina bisa tidur. Sampai akhirnya di tahun 1878 Helenina meninggal, waktu itu umurnya masih 6 tahun. Keluarga Van Rodjnik sedih, ibunya ngga bs nerima kematian Helenina Seminggu setelah kematian Helenina, Kapten Van Rodjnik ngedapetin istrinya nyanyiin lagu Nina Bobo di kamar mandi. Suaranya menggema, Setelah ditanya Kapten, istrinya bilang kalau dia ngedenger Helenina nangis di situ. Jadi dia inisiatif buat nyanyiin Nina Bobo.Setelah kejadian itu, krn sedih dan ngerasa kehilangan, ibu Helenina masih suka nyanyiin lagu Nina Bobo selama bertahun-tahun. Sampai akhirnya Ibu Helenina (yg namanya Mustika) meninggal di tahun 1929 Setelah kematian Ibu Mustika dan Helenina, Kapten Van Rodjnik tinggal sendirian di rumah td. Katanya ada bbrp kejadian yg menimpa si Kapten Pernah bbrp kali Kapten Van Rodjnik ngedenger suara bayi nangis, tapi dia nggak perduli dan langsung tidur. Akhirnya bbrp kali juga dia Beberapa kali juga dia kebawa mimpi ttg anak kecil nangis. Mungkin si Helenina tadi. Sampai puncaknya di suatu malem, Kapten ngedenger suara anak kecil nangis lagi. Tapi dia nggak perduli dan langsung tidur. Akhirnya pas tengah malem si Kapten dibangunkan oleh tangan anak kecil umur 6 tahun yg nangis2. Mungkin si Helenina tadi. Katanya si anak ngebangun sambil ngomong. Yang kira-kira bunyinya, “Papa.. Kok papa nggak nyanyiin buat Nina?” Setelah mlm itu, pikiran Kapten jd keganggu. Akhirnya dia selalu nyanyiin lagu itu sendirian di kamarnya tiap malam, sampai dia meninggal.


Nina Bobo….
Oooo…..
Nina Bobo….
Kalau tidak Bobo.. yaa udah aq aja yg Bobo....  :D
readmore »»  
info unik (242) fakta unik (144) unik (98) musik (69) karya seni (67) aneh (62) Fakta Aneh (61) Inspirasi (40) Lifestyle (40) seni (35) Photo Unik (26) budaya (25) News (20) sejarah (20) Humor (6) Unique (1)