Selasa, 09 Juli 2013

Apakah Sulit Menciptakan Lagu?

Mungkin oleh sebagian dari kita yang masih awam tentang dunia musik akan langsung berfikir bahwa menciptakan suatu lagu itu adalah hal yang sulit bahkan sangat sulit. Namun oleh seorang seniman musik atau musisi menciptakan sebuah lagu bukanlah suatu hal yang sulit, hanya dengan bermodalkan gitar bolong saja mungkin akan tercipta sebuah lagu sederhana.

Sebuah lagu tidak lepas dari curahan hati kita ataupun bercerita tentang kehidupan sehari-hari. Kita hanya sekedar bercerita panjang lebar yang didalamnya diiringi oleh nada-nada tertentu.
Dengarkan saja lagu-lagu R&B, seorang rapper yang bercerita panjang lebar tetapi tetap pada nada-nada yang harmonis.
Dan dengarkan juga lagu-lagu metal yang menggunakan suara scream ataupun growl, walaupun dengan vokal yang sulit untuk diterjemahkan namun mereka tidak pernah lari dari nada atau chord yang dimainkan.
Apakah sulit menciptakan lagu?
Jika masih ada yang masih merasa sulit untuk menciptakan sebuah lagu, langsung saja kita belajar untuk menciptakan sebuah lagu sederhana.Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan lagu, antara lain :

  • Struktur Lagu
Motif : Bagian melodi terkecil, sebagai gagasan dasar.
Frase : Potongan melodi (kalimat musik yang utuh).
Periode : Gabungan dari beberapa frase, merupakan bagian utama dari sebuah lagu.
Lagu : Karya/karangan musik yang lengkap.

  • Pengembangan Motif
Motif dapat dikembangkan sehingga menjadi bervariasi. Ada beberapa teknik dalam mengembangkan motif :
1.Teknik Repetisi : pengulangan sebuah motif tanpa perubahan
2.Teknik Sekwen : pengulangan sebuah motif dengan nada-nadanya (pola ritme tetap).
3.Teknik Inversi :Pengulangan dengan cara menggerakkan melodi bertolak belakang.
4.Teknik Augmentasi : Mengulang motif dengan cara menambah panjang (durasi) nadanya.
5. Teknik Diminusi : Lawan dari augmentasi yaitu mengulang motif dengan memendekkan durasi nadanya.
6.Teknik Gradasi : Pengembangan sebuah motive dengan cara penjenjangan naik atau turun.
  • Bentuk Lagu
Bentuk/struktur lagu adalah susunan dan hubungan antara unsur-unsur musik dalam suatu lagu sehingga menghasilkan suatu lagu yang bermakna.
Ada beberapa macam bentuk lagu :

1. Satu Bagian: terdiri atas satu kalimat misal Verse A
Lagu ini pada dasarnya terdiri satu bagian atau bila terpaksa terdiri dari dua bagian, maka bagian ke dua merupakan perulangan atau repetisi saja yang mana bait dua tidak ada perubahan dan hanya mengulang atau mengubah syairnya saja, jika ada perbedaan hanya kecil, misalnya pada akhir lagu.
2. Dua Bagian: terdiri atas dua kalimat misal A - B
Lagu bentuk ini terdiri dari dua bentuk, pada bait pertama berbeda dengan bentuk yang ke dua. Lagu ini dapat berakhir pada bentuk ke dua (B), tanpa ada paksaan untuk kembali ke bait I (A).
3. Tiga Bagian: terdiri atas tiga kalimat misal A - B - A atau A - B - C
Bisa menyerupai bentuk biner tetapi tidak berhenti diakhir bagian II (B), sehingga memaksa kembali ke bentuk I, atau bisa juga terdiri dari tiga bentuk yang biasanya termasuk lagu tingkat tinggi.

Akhir kata, mungkin demikian saja yang bisa saya bagikan untuk sekedar mengisi waktu luang sobat. Daripada bulan puasanya cuma tidur melulu, lebih baik menciptakan sebuah lagu sederhana untuk kekasih tercinta. Hehehe... 
Semoga bermanfaat.

79 komentar:

  1. wah sepertinya saya bisa belajar buat lagu nih :D
    yang perlu diperhatikan dari pembuatan lagu, satu lagi ialah maknanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali Ishma,, makna lagu biasanya menjadi nilai lebih dari sebuah lagu... :)

      Hapus
    2. dan nyampe sama pesan yg di masukan ya..mas :)

      Hapus
    3. Yupz,, benar sekali mas Budi,, ada pesan tersirat yang disampaikan melalui sebuah lagu... :)

      Hapus
    4. Persisnya kayak lagu2 dulu ya mas Rio...tetep enak di denger..meski udah di makan jaman...hehe
      #curhatan dari orang jadul nih :)

      Hapus
  2. asik nih ada tipssnya... tapi mamang tetep ndak bisa buat lagu tuh... ndak punya ide... buntu eheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa udah,, bertapa dulu digunung merapi mang.. biar dapet ide buat bikin lagu.. heheehe... :D

      Hapus
    2. kalau dengerin lagu tetep suka... apalagi lagu ... aja ... aja... nehi.. nehi

      Hapus
    3. Tak kusangka,, tak kuduga..
      Ternyata mangYono penggemar lagu India...
      Haaahaaayyy... :D

      Hapus
  3. klw saya sih paling ndak suka nyanyi, klw dengerin musik suka banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya suka dua-duanya mbak... :)

      Hapus
    2. poligami dong mas xixixixi...

      Hapus
    3. Poligami dalam dunia musik di halalkan Mang...
      hehehe.. :P

      Hapus
  4. ciptaiin lagu untukku, , ,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wawww... permintaan yang menarik neh... :)
      Hmmmm...

      Hapus
    2. buat ngisi panggung tujuh belasan ..ya hehe :)

      Hapus
    3. hahaha... ide yang brilian itu...
      sekalian bikin konser amal untuk tujuh belasan... :D

      Hapus
    4. Mau di Ancol apa di Spanyol nih...wkwk :D

      Hapus
  5. kamu sdh banyak menciptakan lagu ya ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak banyak2 amat kok masbro... tapi cukup deh kalo untuk ngejam bareng ama temen2 band... :)

      Hapus
    2. mbak Ely mesti..minta di buatin lagu jg tuh... :)

      Hapus
    3. Mas budi kayaknya minta di buatin lagu juga tuh untuk Boyband nya... wkwkwwkwk...

      Hapus
    4. Nah..mas Rio yg cocok bagian sponsor nya ya..hehe :)

      Hapus
  6. Minden jót küldök!
    Idővel

    BalasHapus
  7. jadi kepengen ciptakan lagu sendiri, *bergitar aja belum bener hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mumpung bulan puasa,, yukk dicobain untuk bikin lagu spesial religi gan... :)

      Hapus
  8. syaratnya harus bisa menguasai alat musik minimal satu menurut saya.. tapi saya sih cuma penikmat lagu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw Dewi udah bisa maenin alat musik lom tuh???
      kapan-kapan kita ngejam bareng yaa... ;)

      Hapus
  9. Nagyon szép napokat!
    Idővel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bahasa apaan ya???
      please speak English or Indonesian... :)

      Hapus
  10. saya suka musik, alat musik yang saya bisa Drum sebenarnya saya beruntung sekali bisa memainkan alat musik Drum ini karena banyak orang yang jarang bisa memainkannya di daerah saya sehingga kalau misalkan ada evant saya suka terpanggil.
    jadi curhat :)

    Cintailah alat musik maka kau akan bisa mengendalikan dan memainkannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh...
      Setuju deh sama kamu... :D
      Anggap aja alat musik itu sebagai pacar kedua..

      Hapus
  11. aku sih senang memainkan lagu, tp klo nyiptain lagu rada males sob, hehehe..
    terkendala waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sambil iseng-iseng memainkan lagu coba deh sobs untuk sedikit nyiptain lagu... Asik juga tuh.. :)

      Hapus
  12. saya dulu pernah terjun dalam band indie, kalau membuat lagu masih gampang, tapi kalau membuat lagu biar disukai produser, banyak orang dan bisa menjadi legenda itu yang paling sulit :)

    btw tanks sharing untuk struktur membuat lagu, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...
      Sudah pernah merasakan pahitnya sebagai band indie yaa..
      Begitulah gan,, terkadang lagu kita tidak sepenuhnya bisa diterima oleh produser...
      Terus berkarya gan.. dan salam damai untuk kawan-kawan disana.. ^_^\m/

      Hapus
  13. kalau ada bakat musik, pasti nggak sulit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali tuh...
      Ayo bakatnya di asah terus... :)

      Hapus
  14. wach maa fnie mas rio baru bisa berkunjung dari kemaren soalnya da sedikti kesibukan...

    menurut saya tentang artikel ini..
    kalau msalah menciptakan lgu tergantung individu mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa kok Mas Imron... saya sendiri terkadang juga sering telat berkunjung... :)
      Terima kasih atas apresiasinya Mas...

      Hapus
  15. Ini ilmu baru buat yang awam cipta'in lagu rupanya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ilmu lama bagi yang udah biasa menciptakan lagu...
      ^_^\/ hehehe

      Hapus
  16. kepingin buat lagu nie gan !! hhehe Test..1.2.3 Laaaaaa !!
    narsis nie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ceileee...
      Testingnya dirumah ente aja kale gan...
      Narsis amat deh... :D

      Hapus
  17. Kalau kata-katanya bisa Mas,tapi sulitnya melodi atau nada untuk lagu dari kata-kata tersebut yang susahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk nada mungkin kita bisa memainkan chord yang simpel-simpel aja... jangan terlalu mikirin melodi yang rumit-rumit..
      Dengerin aja lagunya Kuburan band,, melodi atau nada yang dimainkan cukup simpelkan... :)

      Hapus
  18. terus terang mas sy paling susah ngerangkai kata apalagi jadi bait lagu...

    wong nulis di blog aja masih seminggu sekali hehe :)
    sepertinya bisa beljr dari mas Rio..nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhh,, Mas budi bisa aja deh..
      Kayaknya saya yang mesti banyak belajar dari Mas Budi untuk bisa menulis artikel yang baik dan benar... :)

      Hapus
    2. ikutan belajar dong hehe

      Hapus
    3. Ayo kita belajar bareng-bareng... :)

      Hapus
    4. Yuk...yuk...yuk... :)

      Hapus
  19. mantap nih artikel nya :D hehe. minta izin untuk copy bro?
    thanks :)

    BalasHapus
  20. buat sy yg gak biasa buat lagu wlau dapet teorinya, tetep aja gak bisa. jadi mesti dicoba biar biasa dan bisa. asik neh belajar buat lagu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat terus untuk mencoba dan mencoba...
      Saya yakin Mas Rusydi pasti bisa... :)

      Hapus
  21. Saya merasa sulit buat lagu, karena bagi saya membuat lagu itu memang tidak gampang dan perlu bakat seni musik dan lagu, atau paling tidak perlu belajar yang lebih dalam..

    BalasHapus
  22. mas rio bisa chord piano saya mau ajarin anak tp cari chord piano yg simpel gitu. klo punya kasih tau y

    maaf Oot

    BalasHapus
  23. Bagi saya menciptakan lagu sangat sulit sekali. karena saya tidak bisa membuat sebuah cerita ataupun bermain musik.. Jiah #payah. hehe

    BalasHapus

  24. .. yg sulit tuch bikin aluanan musik nya yg pas dengan karakter kita ..

    BalasHapus
  25. wah.. sdh pinter bikin lagu yah sob ?? (Y)
    dari pengalamanku sih, aku mikirin temanya dulu, lalu jenis musiknya kira2 pengen yg seperti apa mellow, ge-bits, ngerock, ngepop ato gmn.. lalu mulai kita ciptakan dulu melodinya, caranya bisa dengan berdendang aja.. ato langsung menggunakan alat musik (aku sih biasa pake orgen), nanti akan bisa berkembang sendiri.. termasuk ngepas2in lirik2 lagunya..
    menurutku sih bakalan mengalir dengan sendirinya...
    namun sometime, kita takut klo lagu kita mirip2 lagu yg sdh terkenal lainnya...
    it;s OK, namanya akord dari C-D-E-F-G-A-B nantinya jg bakalan kembali ke C lg.. Wajarlah klo ada mirip2.. :D

    BalasHapus
  26. Oh, jadi gitu. Kayaknya ribet juga ya.

    BalasHapus
  27. Sangat sulit sekali menurut saya, karena saya tidak bisa memainkan alat musik meski sudah belajar (tidak berkabat) :D

    BalasHapus
  28. Banyak ya poin-poin yang harus diikuti hehehe, tapi ini info yang bermanfaat :)

    BalasHapus
  29. kalau saya skrg lebih suka bikin lagu pake kompi,,selain bsa dkerjain sndiri jg lebih praktis menurut saya. dlu sempet punya band tp krena ksibukan msing2 personil jd susah lagi bwt ngatur jadwal latian. bagi sobat yg pgn dngerin lagu2 saya bisa buka di http://soundcloud.com/dig-sound ato di http://baatcavemania.blogspot.com/2011/10/belajar-membuat-musik-digital.html

    BalasHapus
  30. Terima kasih atas kunjungannya teman-teman..
    Mohon maaf saya tidak bisa menjawab komentarnya satu per satu dikarnakan kesibukan didunia nyata yang begitu menyita waktu... :)

    BalasHapus
  31. kalo nyiptain lirik biasanya masih bisa.
    tapi kalo udah masuk ke nada, nyerah deh.
    buuh bala bantuan.
    hehehe
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyoba bwt lagu nya pake kompi ,,,psti lbh asyiiikk :-)

      Hapus
    2. Bikin lagunya rame-rame aja...
      Dijamin bakalan jadi lagu yang aneh!!!
      hehehe... :D

      Hapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. sulit mas, ane kan buta nada. kalo cuma bikin liriknya sih bisa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nadanya yang simpel2 aja mas,, kayak kalo lagi nyanyi asal-asalan dikamar mandi... :)

      Hapus
  34. saya udah nyiptain 5 lagu loh..hhehe dari pengalaman kehidupan

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Bermanfaat sekali Tutorialnya gan.
    Salam kenal...
    Online Music Arranger
    Jasa Aransemen Musik, Pembuatan Lagu, Jingle / Spot Iklan, Soundtrack dan pembuatan musik minus one secara ONLINE.

    BalasHapus

info unik (242) fakta unik (144) unik (98) musik (69) karya seni (67) aneh (62) Fakta Aneh (61) Inspirasi (40) Lifestyle (40) seni (35) Photo Unik (26) budaya (25) News (20) sejarah (20) Humor (6) Unique (1)