Senin, 22 Juli 2013

Fakta Unik Lagu Untuk Penyiksaan dan Intimidasi



Mendengarkan lagu mungkin sudah menjadi bagian dari rutinitas kita sehari-hari. Karena lagu sejatinya adalah untuk sebuah hiburan dan tak jarang pula mampu mengobati perasaan hati yang sedang gundah gulana atau sekarang lebih sering dikenal dengan 'galau'. Namun ada satu saran saya, jangan sesekali mendengarkan lagu Gloomy Sunday.

Tahukah sobat bahwa ada beberapa lagu yang mampu membuat kita tersiksa dan merasa terintimidasi. Dalam sebuah artikel Journal of the Society for American Music merinci bagaimana musik secara teratur digunakan dalam interogasi di pangkalan-pangkalan militer di Irak dan Afghanistan sebagai metode untuk mendapatkan disorientasi dan membujuk tersangka untuk berbicara tanpa harus menggunakan kekuatan fisik. 

Berikut ini adalah fakta unik tentang beberapa lagu yang digunakan oleh militer dan badan-badan penegak hukum dalam metode interogasi menggunakan lagu.


1. Bruce Springsteen’s “Born in the USA”
Salah satu warga Spanyol yang dituduh terkait dengan jaringan teroris Al-Qaeda mengklaim bahwa interogator memainkan lagu ini selama 2 tahun dia tinggal di penjara Teluk Guantanamo Kuba.

2. Christina Aguilera’s “Dirty”
Mohammed al Qahtani, yang dipercaya sebagai salah satu pembajak pesawat pada serangan 11 September, mengaku diinterogasi dengan 2 metode, yaitu tetesan air di kepala dan diperdengarkan lagu dirty nya Aguilera yang sarat dengan lirik bermuatan seksual. Hal ini dikombinasikan dengan teknik interogasi yang lain seperti striptease oleh seorang perempuan.

3. Nancy Sinatra’s “These Boots Were Made for Walking”
Saat penyerbuan FBI, polisi federal Amerika Serikat terhadap markas Branch Davidian, pimpinan David Koresh. Sebuah sekte keagamaan yang dicurigai menghimpun senjata dan amunisi gelap, FBI memasang pengeras suara di dekat bunker untuk memutar lagu-lagu mars dan lagu-lagu Nancy Sinatra. Maksudnya, kebisingan itu diharapkan membuat David Koresh dan pengikutnya menyerah. Sayang sekali, Hanya 9 orang yang tak kuat melawan suara bising, dan muncul dengan kedua tangan terangkat ke atas. Selebihnya adalah orang-orang yang teguh ''iman''-nya, yang lebih takut pada hukum David Koresh daripada hukum Amerika.

4. AC/DC’s “Shoot to Thrill” and “Hells Bells”
Lagu-lagu heavy metal telah lama menjadi alat favorit interogator militer. Lagu ini kalau diputar berulang-ulang dapat membuat perasaan sakit atau ketidaknyamanan fisik di telinga dan kepala. Bila tak tahan, bisa dipastikan tahanan bakal stres atau depresi dan menyerah kepada si interogator.

5. Barry Manilow's "Anything"
Lagu ini memang tidak dipake oleh militer, tapi pemerintah kota Christchurch di Selandia Baru punya cara unik untuk menjaga patung-patung maupun karya seni lain di tempat umum yang sebelumnya sering dicorat-coret maupun dirusak sekawanan berandalan yang nongkrong di kawasan perbelanjaan. Caranya, memutar lagu lagu-lagu iringan penyanyi pop lawas, Barry Manilow dengan pengeras suara di tempat-tempat umum.

6. Barney the Dinosaur’s “I Love You”
salah satu lagu yang di pakai Interogator di tahanan Guantanamo. Lagu ini memang mengingatkan kita akan kegembiraan berkumpul bersama keluarga dan dipakai sebagai salah satu cara untuk meyakinkan para tahanan bahwa tidak ada gunanya mempertahankan prinsip mereka untuk tidak bicara.

41 komentar:

  1. syereeeemmmm...itu aja. lagu-lagu semacam itu bisa bikin depresi, apalagi bila didengarkan dalam waktu lama. nggak bagus buat kesehatan psikis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak baik untuk kesehatan psikis tapi baik untuk membantu proses interogasi... :)

      Hapus
  2. mengerikan memang jika sebuah lagu bisa mempengaruhi pikiran seseorang, apalagi sampe merubah prinsipnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sungguh mengerikan memang... dan yang jelas sungguh MEMBOSANKAN mendengarkan lagu yang itu-itu aja!!!

      Hapus
  3. Aku percaya musik klo kita dengerin secara berulang2 akan dapat mempengaruhi perasaan dan emosi kita.. namun klo dipakai untuk hal semacam penyiksaan dan introgasi semacam ini.. jujur aku baru tahu lho sob... nice info. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang deh bisa berbagi dengan Mbak Lina...
      makasih atas kunjungannya.. :)

      Hapus
  4. lagunya sefti sanustika juga masuk sob, hehehehe..
    bikin depresi tahanan KPK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha...
      Gak gitu juga kalee... :D
      Ntar bukannya depresi tapi malah bikin goyang dangdut..

      Hapus
  5. Ternyata lagu pun bisa punya andil buat metode intorogasi ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa.. begitulah kenyataan yang ada mas...
      Jaman udah semakin canggih... :)

      Hapus
  6. Wah, banyak juga lagu yang jadi referensi tuk intimidasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan info yang saya dapatkan cuma 6 lagu...
      Mungkin masih banyak lagu yang lainnya diluar sana mas... :)

      Hapus
  7. baru tahu nih sob ada lagu-lagu yang dipakai untuk interogasi dan intimidasi, ternyata banyak juga yah, apakah karena liriknya bisa mempengaruhi interogasi yah sob :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan hanya liriknya aja sobs,, tapi perpaduan antara lirik dan nada lagu tersebutlah yang akan membuat kita stres atau depresi... :)

      Hapus
    2. wah ngeri juga yah sob, tapi penasaran pengen denger juga hehe...

      Hapus
    3. saya juga baru tahu sob

      Hapus
  8. .. kira^ yg menciptakan lagu itu apakah dalam kondisi yg sama juga?!? emmmmm,, ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm,, kurang tau juga ya mbak..
      Coz belum terpikirkan tentang penciptanya.. :))

      Hapus
  9. wah gawat, menyiksa kok ada lagunya segala ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheehe...
      Dunia memang sudah semakin modern mas,,,
      penyiksaan sekarang gak pake kekerasan lagi,, cukup pake lagu aja.. :)

      Hapus
  10. yup, Ishma juga pernah lihat ini di on the spot..
    ngeri euy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupss.. ini juga terinspirasi dari on the spot... :)

      Hapus
  11. lagu diciptakan dengan berbagai macam tujuan, ada yang menghibur dan ada juga buat yang menyiksa :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju deh dengan mas Hariyanto... :)

      Hapus
  12. Memang benar sih ada lagu yang dapat mengintimidasi seseorang. Apalagi orang yang mendengar lagu itu pernah mengalami hal-hal yang buruk. Ketika mendengar lagu tertentu mengingatkan akan masa silam yang nggak menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagu yang menggambarkan tentang hal-hal yang buruk terkadang bisa membuat stres yang berlebihan jika didengarkan secara terus menerus...

      Hapus
  13. Memang benar sih ada lagu yang dapat mengintimidasi seseorang. Apalagi orang yang mendengar lagu itu pernah mengalami hal-hal yang buruk. Ketika mendengar lagu tertentu mengingatkan akan masa silam yang nggak menyenangkan.

    BalasHapus
  14. jadi pensaran pengen dengerin lagunya hehehe...
    udah aku follow balik mas... makasih yaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Dengerin sepintas aja mas...
      biar penasarannya hilang... :)
      Makasih atas folbacknya mas Eka...

      Hapus
  15. sekedar absen, oiya folback ya as :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih absennya mas...
      Folback segera meluncur... :)

      Hapus
  16. lalu, maksudny apa didengarkan spt itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya sekedar berbagi info aja mas... :)

      Hapus
  17. Bahkan ada lagu yang mengandung sihir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tentang lagu yang mengandung sihir saya belum tau tuhh...
      Pasti lebih mengerikan...

      Hapus
  18. kalo di meme, semua lagu justin bieber lagu penyiksaan sob. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru tau neh kalo lagu Justin Bieber masuk kategori lagu penyiksaan...
      hhhmmmm... :)

      Hapus

info unik (242) fakta unik (144) unik (98) musik (69) karya seni (67) aneh (62) Fakta Aneh (61) Inspirasi (40) Lifestyle (40) seni (35) Photo Unik (26) budaya (25) News (20) sejarah (20) Humor (6) Unique (1)