Jumat, 02 Agustus 2013

Fakta Unik, Ingat Mati Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup



Ingat akan kematian, dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Pernyataan tersebut adalah hasil sebuah penelitian tentang bagaimana seseorang merespon sadar atau tidak kematian mereka.

Dalam jurnal Personality and Social Psychology Review,seorang peneliti bernama Kenneth Vail menyebutkan bahwa kematian secara halus berpotensi membuat seseorang menjalani hidup lebih baik lagi.

Para peneliti telah banyak membahas apa yang disebut teori manajemen teror (terror management theory), bahwa kesadaran akan kematian dapat memotivasi seseorang untuk beralih pada sebuah kepercayaan tertentu. Kepercayaan ini akan mengembalikan dirinya pada sebuah arti kehidupan, misalnya kepercayaan agama, budaya atau nasionalisme.

Banyak penelitian sebelumnya yang fokus pada konsekuensi negatif saat kita mengingatkan orang akan kematian, mereka justru berbalik marah bila diingatkan, apalagi bila mereka memiliki keyakinan yang berbeda.


Namun beberapa peneliti dari University of Missouri menyatakan ada bukti lain yang ditunjukkan dari manajemen teror. Misalnya, saat terjadi bencana seperti serangan teroris 9 November di Amerika Serikat, peristiwa ini dapat membuat orang sadar dan takut akan kematian.

Beberapa media berita dan peneliti fokus pada reaksi negatif dari aksi terorisme ini, hingga berakibat terjadinya kekerasan dan diskriminasi pada kaum muslim, namun ada bukti lain yang juga ditemukan, ada grafik peningkatan rasa syukur, harapan dan kepemimpinan yang lebih baik setelah serangan tersebut.

Orang yang sadar akan kematian, dapat termotivasi untuk lebih memperhatikan kesehatan fisiologis dan menentukan prioritas hidup mereka. Secara tidak sadar mereka termotivasi untuk memenuhi standar dan keyakinan hidup, membangun hubungan positif, berkontribusi pada sebuah komunitas, dan mendukung perdamaian.

Sekarang mari kita kembalikan kepada diri kita masing-masing. Coba tanyakan pada diri kita dengan jujur, seberapa banyak kita mengingat kematian dalam hidup kita? Hanya kita sendiri yang bisa menjawabnya. Jika kenyatannya kita masih sangat sedikit dalam mengingat kematian di tengah kesibukan dan semua urusan duniawi kita, maka segeralah ubah hal tersebut, karena kita tidak pernah tahu, kapan kematian mendatangi kita. Apa kita mau disaat kita dalam keadaan lalai, kematian datang menjemput?
Karena mengingat mati akan membuat kita seakan punya rem dari berbuat dosa. hingga di mana saja dan kapan saja kita akan senantiasa akan selalu terarahkan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk dunia dan akhirat kita.


Mungkin demikian saja yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk sobat semua. Ayo manfaatkan momen bulan Ramadhan ini untuk saling berbagi info yang bermanfaat, biar pahalanya makin banyak. 

14 komentar:

  1. .. seberapa serink ya?!? emmmm,, mungkin pas tiap waktu tidur,, takut ga bisa bangun lagi. he..86x. trz kalo ada orang meninggal,, waduchhhh,, langsung mrindink boghhhhh bulu kuduk aq. huhh. namun,, aq setujuh7 banget dengan kalimat yang bawah paragraf kedua. tenkz ya udah di ingatkan?!? ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks jg buat mbak Vpie yg udah singgah disini..
      Senang rasanya bisa berbagi dan mengingatkan dibulan seribu berkah ini... :)

      Hapus
  2. gitu ya gan, baru tau haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lama gak nongol gan...
      Sibuk banget yaa sekarang... :)

      Hapus
  3. di Hari Lebaran ini, saya mengucapkan, selamat Hari Raya Idul Fitri 1434H, mohon maaf lahir dan bathin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf lahir bhatin juga yaa.. :)

      Hapus
  4. Bener kawan. Apalagi kalau ajal menjemput kita disaat kita lagi berbuat dosa sama yang di atas, masyaAllah. Kita tidak tahu kapan dan dimana ajal menjemput.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju deh sama juragan BBI... :)

      Hapus
  5. bro ikutan yu blog kontes dari Tridinamika. Keren loh. baca selngkap nya aja ya di artikel saya di
    http://jordanvengeance.blogspot.com/2013/08/hemat-listrik-dengan-tridinamika.html

    Beginner Guitarist

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera ke TKP gan...
      sorry telat.. :)

      Hapus
  6. Kematian merupakan jalan yang pasti dilalui oleh setiap yang bernyawa.
    Thanks atas sharingnya

    BalasHapus
  7. Dalam mencari uang kamu harus berfikir bahwa kamu akan hidup selamanya.. Tetapi di dalam ibadah kamu harus berfikir bahwa kamu akan mati beberapa detik lagi.. :)
    Kunjungan sore gan, sekalian mau ngasih pemberitahuan nihh. linknya saya hapus dari blog saya, silahkan submit di halaman awal. karena saya memakai Link Exchange Otomatis skarang. Trim's..

    By; Deafile Bedah Blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks atas pemberitahuannya...
      Segera merapat ke TKP... :)

      Hapus

info unik (242) fakta unik (144) unik (98) musik (69) karya seni (67) aneh (62) Fakta Aneh (61) Inspirasi (40) Lifestyle (40) seni (35) Photo Unik (26) budaya (25) News (20) sejarah (20) Humor (6) Unique (1)