Selasa, 02 Juli 2013

Keunikan Harmonika


Terinspirasi dari musisi-musisi dunia maupun musisi lokal yang memainkan banyak alat musik unik, kali ini saya akan membahas tentang alat musik yang berukuran kecil dengan bentuk balok yang terdapat lubang-lubang untuk menghasilkan suara, yaitu Harmonika. Harmonika adalah salah satu instrumen angin yang paling serba guna yang terlepas dari ukurannya yang kecil dapat membuat nada berirama kuat. Meskipun dianggap sebagai instrumen paling mudah untuk bermain, itu juga yang paling sulit untuk dikuasai. Seiring perkembangan jaman kini harmonika mampu mengiringi segala genre musik, mulai dari Jazz, Blues, Rock, maupun genre Metal .

Namun sebelum kita mengenal lebih dalam tentang keunikan dari harmonika ada baiknya kita mengetahui sedikit tentang sejarah dari harmonika tersebut.

Sejarah Harmonika
Harmonika adalah sebuah alat musik yang paling mudah dimainkan. Hanya tinggal meniup dan menghisapnya harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus. Harmonika berasal dari alat musik tradisional China yang bernama 'Sheng' yang telah digunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa.

Harmonika modern ditemukan pada tahun 1821 oleh Christian Friedrich Buschmann. Sebuah instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar dari logam yang disusun secara horozontal dengan desain yang kurang baik dan hanya menyediakan nada tiup kromatis.

Desain awal dari Buschmann akhirnya banyak ditiru dan di modifikasi menjadi lebih baik. Salah satu contohnya adalah harmonika buatan Richter yang merupakan desain awal dari sebuah harmonika modern. Pada tahun 1826 ia mengembangkan variasi harmonika dengan 10 lubang tetap dan 20 pelat getar dengan pemisahan fungsi pelat yang ditiup dan yang dihisap. Pada akhirnya, nada yang dibuat oleh Richter disebut sebagai nada diatonis dan merupakan nada standard harmonika.

Tahun 1847 Keluarga Seydel "Johann Christian Seydel dan Christian August Seydel" yang sebelumnya adalah keluarga penambang di Sachsenberg-Georgenthal /Saxony mulai mengembangkan usaha pembuatan instrumen harmonika di karenakan kegiatan usaha penambangannya yang dihentikan.Pabrik pembuatan harmonika di tempatkan di Klingenthal di bawah kaki gunung 'Aschberg', selanjutnya seydel semakin mengukuhkan diri sebagai pabrikan harmonika di seluruh wilayah Saxony.

Tahun 1857 saat pengrajin jam Jerman bernama Matthias Hohner memutuskan untuk menjadi produsen harmonika. Dengan bantuan dari keluarganya, ia dapat memproduksi 650 harmonika tahun itu. Hohner memperkenalkan harmonika ke Amerika Utara pada 1862 sebuah langkah yang membawa pabrikan Hohner menjadi produsen nomor satu untuk harmonika. Pada 1887 Hohner telah memproduksi lebih dari 1 juta harmonika per tahunnya. Sekarang, Hohner telah memproduksi lebih dari 90 model harmonika yang berbeda jenis, nada, dan model. Yang memungkinkan untuk memainkan berbagai macam gaya musik mulai dari pop, blues, rock, country, ska dan bermacam-macam lainnya.

Dari kebanyakan harmonika dengan bentuk yang lazim seperti deskripsi di atas, ada beberapa bentuk harmonika unik yang berbeda dari biasanya dan bahkan mempunyai fungsi lain selain sebagai alat musik tiup.
Berikut beberapa harmonika unik dengan bentuk dan fungsi yang berbeda dari harmonika pada umumnya.

1. Gantungan kunci Harmonika
Gantungan kunci dengan bentuk harmonika ini bisa dijadikan aksesoris unik maupun koleksi bagi pencinta harmonika karena selain ukurannya lebih kecil dari harmonika pada umumnya, juga bisa dijadikan sebagai gantungan kunci pada motor, mobil, pintu, dsb.


2. Pink Harmonika
Sebenarnya harmonika ini tidak berbeda dengan harmonika-harmonika lainnya yang hanya memiliki fungsi sebagai alat musik tiup-sedot. Namun karena warnanya merah jambu atau yang biasa dikenal dengan warna pink membuat harmonika ini lain daripada yang lain. Tentunya para harpist angel atau pencinta harmonika perempuan lebih tertarik untuk memiliki harmonika ini.


3. Harmonika Kaca
Dilihat dari bentuknya, harmonika ini paling berbeda dengan harmonika lainnya. Cara memainkannya pun berbeda pula. Jika pada harmonika normal dengan meniupnya bisa mengeluarkan suara, maka pada harmonika kaca ini cara memainkannya seperti bermain sebuah piano.


4. Flashdisk Harmonica
Sebenarnya masih bingung juga tentang konsep benda ini. Flashdisk berbentuk harmonika atau harmonika dengan fungsi tambahan sebagai flashdisk?


5. Six Side Harmonica
Ada 6 buah harmonika yang tergabung menjadi satu. Setiap harmonika memiliki kunci yang berbeda.


6. Chord Harmonica
Harmonika ini bisa dikatakan sebagai nenek moyangnya harmonika. Dari sekian banyak sumber dan tulisan tentang jenis-jenis harmonika, Chord harmonica adalah satu dari 4 jenis harmonika yang ada di pasaran. Harmonika ini mempunyai bentuk yang sangat besar.


7. Harmonika Terompet
Dilihat dari bentuknya bisa disimpulkan bahwa benda ini adalah gabungan dari dua alat musik yaitu harmonika dan terompet. Mungkin sang penciptanya berpikiran kalau dua alat musik ini digabungkan akan menghasilkan suara yang lebih nyaring seperti suara yang dihasilkan oleh terompet


8. Kalung Harmonika
Bagi pencinta harmonika yang tidak ingin jauh-jauh dari benda kesayangannya bisa mencari barang ini, karena dengan adanya penambahan aksesoris sebuah kalung membuat harmonika tidak akan pernah jauh dari pemiliknya dan tentu saja bisa dimainkan kapan dan di mana saja.


9. Harmonika Mini
Dengan ukuran yang sangat kecil membuat peniupnya harus me"monyong"kan bibir lebih kedalam untuk bisa memainkannya.


10. Tremolo-Chromatic Harmonica
Dengan bentuk yang unik membuat harmonika ini berbeda dari harmonika pada umumnya.

34 komentar:

  1. Yang warna pink keren ...seperti wafer yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti wafer tapi gak bisa dimakan lohh... :)

      Hapus
  2. .. waouwwww,, keren banget!! ada yg bentuk flasdick. he..86x ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo,,, buruan diburu flashdisk unik nya...
      heheehe...

      Hapus
    2. .. pengen nya sich,, tapi kira^ berapa ya harga nya?!? he..86x ..

      Hapus
    3. 2 minggu yang lalu beli di Gramedia masih berkisar 80ribu...
      Merk 'PROLINK'...

      Hapus
  3. Mantqab gan infonya... izin menyimak yah...

    BalasHapus
  4. ada yg kaya gantungan kunci juga ya...keren2 semua ya sob..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yang kayak teropet juga tuh sobs...
      hayoo... pilih yang mana..??! :)

      Hapus
  5. keren sob,,,,
    ternyata ada harmonika kaca kayak piano,,,,
    makasih dah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama sobs...
      Senang bisa berbagi... :)

      Hapus
  6. unik gan, kwwk sampe ada terompetnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang kayak Piano juga tuh gan... :)

      Hapus
  7. saya dulu juga sempat beli harmonika tapi yang eceran gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama donk Ishma,,, aku juga belinya yang eceran...
      Hemat!!! :D

      Hapus
    2. dan ekonomis tentunya

      Hapus
    3. Setuju deh sama Mang Yono...
      Hemat, praktis, dan ekonomis tentunya... :D

      Hapus
  8. Wew, keren gan :D
    Sambil ngecek link : http://firmanardyansyah.blogspot.com/2013/04/tukar-linkbanner.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks agan Firman...
      segera ke TKP... :)

      Hapus
  9. 1821...lama juga sejarah dicpitakannya harmonika :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah tua juga gan umurnya...
      hehehe

      Hapus
  10. Musik harmonika itu musik yang paling lucu menurut aku, kecil tapi bisa menghasilkan bunyi yang bagus banget apalagi kalo yang niupnya pinter...

    dan saya baru tau kalo harmonika banyak jenisnya. hee.
    suka yang warna pink.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harmonika adalah Instrumen musik yang bentuknya unik dan lucu... cocok banget kalo mbak Susan yang memainkannya...
      haahaayyy... ;)

      Hapus
  11. seandainya, satu alat musik saja saya kuasain...huh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar gan,, asalkan giat berlatih pasti ntar bisa kok maenin alat musik kesukaannya... :)

      Hapus
  12. wow ... keren keren ya harmonikanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mampir juga keren neh... :D

      Hapus
    2. yang puny ablog jg keren khan ? :)

      Hapus
    3. Sama-sama keren aja deh biar adil...
      hehehe... :D

      Hapus
    4. akhirnya ngaku juga :)

      Hapus
  13. harmonikanya bagus bagus ada yang seperti kue wafer juga heheeh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati-hati mang,, itu harmonika bukan wafer stick...
      Jangan salah mengkonsumsi loh... :D

      Hapus
  14. wiii bagus2 harmonika-nya, pasti mahal harga-nya.

    BalasHapus

info unik (242) fakta unik (144) unik (98) musik (69) karya seni (67) aneh (62) Fakta Aneh (61) Inspirasi (40) Lifestyle (40) seni (35) Photo Unik (26) budaya (25) News (20) sejarah (20) Humor (6) Unique (1)