Minggu, 12 Mei 2013

UNDERGROUND BAND


Wahh.. udah lama banget neh gak ada posting. Gara-gara kesibukan yang tak menentu blog ini jadi terabaikan.Hmm..mumpung lagi kena virus musik keras kali ini saya akan mengangkat tema tentang musik Underground.Banyak sekali aliran music di dunia ini,mungkin tak sempat saya menyebutkan satu persatu.Setiap aliran musik memiliki ciri khas tersendiri.Tak dapat dipungkiri di Indonesia saat ini aliran Pop Melayu masih merajai di belantika musik tanah air.Music metal memang masih jarang ataupun kurang terlihat di Indonesia.Tapi jangan salah ada band metal tanah air yang sudah terkenal di luar negri,antara lain : Death Vomit, Jasad, Noxa, Burgerkill, Siksa Kubur dll.


Aliran-Aliran Underground
1.Thrash metal dan Speed metal

Betrayer
Thrash metal (kadang-kadang disingkat menjadi thrash), adalah sebuah Extreme Metal subgenre dari Heavy Metal yang berciri memiliki tempo yang cepat dan agresiv. Lagu-lagu thrash metal biasanya menggunakan stem gitar nada rendah dan perkusi yang cepat. Lirik-lirik thrash metal sering mengangkat tema masalah-masalah sosial menggunakan bahasa yang kasar dan mendalam, sebuah pendekatan yang sebagian mirip dengan genre Hard'core.

2.Death metal

Tengkorak
Death metal adalah sebuah sub-genre dari musik Heavy Metal yang berkembang dari Trash Metal pada awal 1980-an. Beberapa ciri khasnya adalah lirik lagu yang bertemakan kekerasan atau kematian, ritme gitar rendah (downtuned rhythm guitars), perkusi yang cepat, dan intensitas dinamis. Vokal biasanya dinyanyikan dengan gerutuan (death grunt) atau geraman maut (Death Growl). Teknik menyanyi seperti ini juga sering disebut "Cookie Master vocals".
Perkembangan Death Metal Indonesia setelah terciptanya IDDM, merupakan sebagai indikasi dan peresmian kelompok-kelompok Death Metal di seluruh wilayah Indonesia untuk go on public atau menunjukkan diri mereka masing-masing pada publik. Seperti pada saat ini, banyak sekali kelompok/komunitas Death Metal Indonesia di wilayah mereka masing-masing yang sudah menunjukkan diri mereka di Internet. Komunitas-komunitas tersebut masih merupakan bagian dari Indonesian Death Metal/IDDM. IDDM merupakan salah satu web penghubung yang menjadi tempat bertukar pikiran maupun aspirasi hingga media untuk iklan / promosi album maupun merchandise. Komunitas-komunitas tersebut diantaranya adalah Malang Death Metal Force, Bandung Death Metal, Bekasi HORDE! Death Metal, Jogjakarta Corpse Grinder, Magelang Death Metal Militia, Sukoharjo Death Metal, Semarang Death Metal, Bali Death Metal sampai Samarinda Death Metal dan masih banyak lagi komunitas di seluruh Indonesia.

3.Black metal

Dark Funeral 
Black metal diawali oleh band Venom pada tahun 1982 lewat album berjudul Black Metal. Band Black metal masih cenderung bermain Trash metal. Pada awal 80an sampai 90an, Black metal sangat berkembang di daerah Skandinavia oleh band diatas tadi. Jenis musik metal ini juga termasuk jenis metal underground. Black metal mempunyai Sub-genre bernama NSBM , Neo Nazi Black metal dua komunitas tersebut termasuk yang berpengaruh di komunitas Underground.
Berikut ini gaya dan ciri-ciri permainan band-band Black Metal:

Gitar
  • Cepat, didalam Rhytm gitar yang cepat, terselip melodi gitar yang samar-samar dan lama-lama berubah menjadi Alternate Picking dan Tremolo Pick.
  • Distorsi yang banyak memainkan Power Chord.
  • Seteman gitar sama persis seperti Death Metal. Di Chord D atau Chord C atau lebih rendah lagi.
Drum
  • Double bass drum sangat tipis jika dimainkan, sangat bertenaga, kadang bersama-sama dengan pukulan Snare Drum dengan gaya meledak-ledak (hentakan keras). Kadang kita hanya akan mendengarkan bass drum yang berbunyi sedetik.
  • Kadang, drum juga bisa bermain sangat lambat, Tergantung suasana musik.
  • Beberapa band menggunakan drum mesin untuk performa lebih baik.
Lirik, Vokal
  • Lirik dinyanyikan dengan jelas. Bernuansa kikir, setan yang mengingatkan kepada penyiksaan, dan ini sudah menjadi standar band-band Black Metal.
  • Ada yang dinyanyikan bersatu seperti simponi. Lalu band-band Black metal menamakannya Symphonic Black Metal
  • Banyak juga yang sering dinyanyikan laki-laki dan perempuan seperti lagu-lagu simponi Gregorian.
  • Sering ada efek di vokalnya dan membuat suara seperti Atmospher.
  • Lirik sering mengambil kata-kata yang berbau setan, penyembahan berhala, dewa-dewa kuno, tema gaib yang mengutuk agama Kristen (Anti Kristus).
  • Lirik bertema perang, udara dingin, kegelapan, hutan, dan lingkungan alami di eropa.
  • Meminum darah segar membuat suara menjadi lebih serak atau hanya sebagai atribut aliran musik tersebut.
Keyboard
  • Biasanya setingan keyboard, biola, choir, dan organ menyerupai setelan musik gereja supaya meniru suara Kathedral dan orkestra yang terasa sejuk, dingin, samar dan menyedihkan.
Performa
  • Tidak suka bermain live dan lebih cenderung bermain gaya.
  • Rata-rata band ingin terlihat tampil se-mengerikan mungkin.
  • Kebanyakan band mengecat muka mereka menyerupai mayat (Corpse Paint), dan ini telah menjadi standar musik Black Metal.

4.Gothic Metal

Gothic metal adalah sejenis musik metal yang biasanya (namun tidak selalu) memakai dua orang vokalis. Pertama vokal wanita dengan suara soprano, lalu vokal kedua adalah vokal pria dengan gaya vokal dari musik black atau death metal (sehingga gaya vokal seperti itu banyak disebut sebagai vokal 'Beauty and the Beast'). Lirik-liriknya kebanyakan bernuansa pagan, kemuraman, kegelapan. Aliran musik ini paling populer di Eropa, meskipun jumlah penggemar mainstream (kalangan umum) tidak banyak.

6 komentar:

  1. Nice share buat inf musik metalnya sob
    walopun gw bukan penikmat musik metal but thx buat info2nya, lengkap euy :)

    BalasHapus
  2. Thankz buat kunjungannya sobs..
    Walaupun berbeda selera tapi tetap satu jua...
    Yeahhh... ^_^\m/

    BalasHapus
  3. wow mukanya metal metal haha.. itu aliran ya lambangnya.

    BalasHapus
  4. Mukanya metal metal...
    Tapi hatinya tetep Melow kok mbak.... :D

    BalasHapus
  5. Ishma baru denger tuh band siksa kubur..
    tapi agak ngeri ngeliat siimbol yang diawal2 itu.. *tatuut :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan donlot lagu Siksa Kubur nya Ishma...
      mana tau Ishma tertarik sama lagu2nya... ;)

      Hapus

info unik (242) fakta unik (144) unik (98) musik (69) karya seni (67) aneh (62) Fakta Aneh (61) Inspirasi (40) Lifestyle (40) seni (35) Photo Unik (26) budaya (25) News (20) sejarah (20) Humor (6) Unique (1)