Rabu, 15 Mei 2013

Mengenal Anggur(Wine) dan Manfaatnya

Berhubung tadi malem ane abis nongkrong ama rekan2 seperbotolan ,dan kebetulan juga semalem ane puyeng berjamah. Makanya kali ini ane posting artikel tentang Anggur atau yang lebih dikenal dengan Wine.
Penasaran banget ama si merah ini yang udah bikin puyeng tujuh keliling.
Ya udah,, jangan banyak bacot lagi...
Wine atau anggur fermentasi ini dapat menjadi teman untuk menjaga kesehatan dan kecantikan anda. Kuncinya adalah mengkonsumsinya sesuai kemampuan dan tidak melebihi batas minum seseorang. Manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan telah dimanfaatkan banyak orang di berbagai belahan dunia.
Biar lebih afdol mari kita kenalan dulu ama si merah ini.

Asal Usul Wine
Wine sudah biasa digunakan di Prancis sebagai minuman untuk menjaga kecantikan seorang wanita maupun untuk kesehatan. Awalnya minuman ini biasa diminum oleh kalangan istana di Prancis sejak abad ke-18.

Buah yang umum dijadikan wine adalah buah anggur. Tetapi, bisa juga digunakan buah lainnya seperti pulm atau blackcurrent. Proses fermentasi yang dialami membuat minuman ini mengandung alkohol dan biasa digunakan dalam pesta.


Proses Pembuatan Wine

Proses pembuatan wine dimulai dengan diperasnya buah menjadi sari buah. Hasil perasan ini kemudian disimpan dalam tong kayu atau logam bersama dengan ragi selama beberapa minggu. Mikroorganisme yang ada dalam sari buah tersebut mengkonsumsi gula yang ada dalam perasan buah dan menghasilkan alkohol dan karbondioksida. Karena hanya diletakkan dalam tong, gas karbondioksida akhirnya terlepas ke udara. Hasil fermentasi ini yang akhirnya menjadi wine.

Wine yang telah jadi dapat diolah lebih lanjut menjadi sparkling wine, yaitu wine yang mengandung soda sehingga tampak butiran-butiran kecil berkilau dalam minuman ini. Sparkling wine dapat berbentuk red wine, white wine maupun rose wine. Sparkling wine mengalami 2 kali fermentasi.


Anggur yang sudah menjadi wine ditambahkan liqueur atau sejenis arak kemudian dimasukkan ke dalam botol-botol yang ditutup dengan sumbat. Botol disimpan di dalam ruang bawah tanah dengan suhu sekitar 10 derajat Celcius dan ditumpuk secara horizontal selama beberapa bulan. Wine mulai mengalami fermentasi. Mikroorganisme menghasilkan lebih banyak karbondioksida. Hanya saja, kali ini karbondioksida tidak terlepas ke udara karena tertutup sumbat botol. sehingga terciptanya sparkling wine yang memiliki banyak soda.

Jenis Wine

Wine memiliki beberapa jenis yang sudah dikenal. Diantaranya:
  • Red Wine
Red wine terbuat dari anggur merah beserta kulitnya.
  • White Wine
White wine terbuat dari anggur tanpa kulit.
  • Rose Wine
Sama seperti red wine, rose wine terbuat dari anggur merah beserta kulitnya. Namun wine ini mengalami proses ekstraksi warna yang lebih singkat sehingga warna yang dihasilkan tidak sepekat red wine melainkan hanya berwarna merah muda dan dianggap mirip dengan bunga mawar.

Manfaat Wine

Wine memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, diantaranya:
  • Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan fenol atau flavonoid yang terdapat dalam wine merupakan antioksidan yang sangat kuat dan bermanfaat untuk merelakskan pembuluh darah sehingga mengurangi jantung untuk bekerja terlalu keras. Selain itu, antioksidan kuat ini akan melindungi jantung dari serangan radikal bebas yang merusak.

Kelebihan terdapat pada red wine, yaitu fenol atau flavonoid pada wine ada dalam bentuk yang sederhana sehingga lebih mudah diserap tubuh dibandingkan yang terdapat dalam buah segar. Kandungan alkohol yang ada dalam wine akan menjaga flavonoid lebih stabil dan lebih bermanfaat.

  • Menurunkan Kolesterol
Bagi Anda yang memiliki kadar kolesteroltinggi, meneguk wine dapat bermanfaat karena flavonoid yang terdapat di dalam wine dapat mencegah oksidasi LDL. White wine menjadi wine yang dianjurkan untuk menurunkan kolesterol karena dapat mengurangi LDL dalam darah.
  • Mencegah Timbulnya Kanker
Pada wine terdapat kandungan pterostilbene yang berguna untuk mencegah terjadinya kanker.
  • Membangun Tulang
Alkohol pada wine dapat meningkatkan aktivitas sel-sel pembangun tulangsehingga bermanfaat bagi tulang.
  • Mengurangi Gejala Alzheimer
Alzheimer yang merupakan penyakit yang menyerang otak dapat dikurangi dengan red wine. Otak dapat berfungsi dengan lebih baik karena wine akan menambah aliran darah ke otak sebanyak 30%.
  • Mengatasi Insomnia
Adanya hormon melatonin yang biasa membuat kita mengantuk pada wine akan membantu seseorang yang mengalami sulit tidur. Hormon ini juga bersifat menenangkan yang akan membuat tidur lebih lelap.
  • Bermanfaat Untuk Kulit
Kulit dapat menjadi lebih cerah dan merona karena kandungan antioksidan dalam bentuk yang mudah terurai tubuh. Kandungan antioksidan pada wine juga lebih kuat daripada vitamin E yang membantu membuat kulit lebih indah.

Agar terasa manfaatnya, ingat untuk mengkonsumsinya tidak secara berlebihan. Porsi yang dianjurkan adalah segelas wine sehari. Agar tidak bosan, Anda dapat mencoba resep masakan yang menggunakanWine sehingga menghasilkan rasa yang unik sekaligus mendapatkan manfaatnya bagi tubuh.


Nah,, buat para wanita ada berita baiknya neh...
Bagi Anda para wanita memang tidak sangat di sarankan minum anggur merah secara berlebihan atau terlalu banyak, dan itu memang tidak baik bagi siapa pun terutama di negeri kita yang berhawa/bersuhu panas ini. Namun anggur merah akan berguna jika Anda tidak minumnya terlalu banyak.


Sejumlah penelitian ditemukan bahwa para peminum minuman anggur cenderung untuk memiliki angka rata-rata rendah untuk terkena penyakit jantung dibandingkan dengan yang tidak.Ada beberapa manfaat minum anggur merah untuk Anda.


1) Anggur merah membuat kulit Anda lebih muda, yaitu sejenis anti penuaan.


2) Anggur merah membantu Anda untuk tidur lebih baik.


3) Anggur merah membantu melancarkan pencernaan atau membuat perut lebih sehat, mencegah sembelit.


4) Anggur merah meningkatkan nafsu makan, jika Anda para wanita makan lebih banyak dan sehat tentu lebih baik.


5) Anggur merah membantu kurangi Inflamasi dalam pembuluh darah.


6) Anggur merah membuat Anda lebih kuat. sejenis efek tonik(yaitu efek yang memacu dan memperkuat semua sistem dan organ).


7) Anggur merah juga dapat membantu mengurangi berat badan Anda, misalnya anggur kering atau sering di sebut kismis, dengan 525 kalori per liter, semua dikonsumsi dalam waktu 4 jam.


8) Anggur merah membantu mengeliminasi garam sodium dan air dari dalam tubuh, mencegah peradangan, seperti pada pankreatitis, misalnya. Mengembangkan organ-organ tertentu melalui mekanisme edema jaringan tertentu.


9) Anggur merah membantu melawan bakteri, efek serangan kuman atau bakterisidal.


10) Anggur merah membantu Anda untuk mencegah kanker payudara.


Anggur memang memabukkan jika dikonsumsi secara berlebihan, tetapi jika dikonsumsi dengan bijak banyak manfaat yang bisa kita dapatkan.Saya berharap pada keluarga Indonesia yang cinta sehat semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi kita semua. Setiap orang memang punya cara tersendiri dalam merawat dan menjaga kesehatannya.Terimakasih.

Produk Lokal Anggur Merah Cap 'Orang Tua'
dari berbagai sumber

6 komentar:

  1. wah ternyata keren juga ya wine jadi pengen nyoba nih sob ^^

    BalasHapus
  2. "Klo pengen coba jgn byk2 yaa sobs...
    Kepala bisa puyeng tujuh keliling ntr klo kebanyakan... heheheheh...

    BalasHapus
  3. blognya ganti ya.. atau tampilan baru ya :D

    apa bedanya anggur ini dan yang buat campuran jamu.. apa bisa bikin telerr.

    BalasHapus
  4. wah trnyata bnyk ya gan manfaat dr wine, tp dlm islam kta kan ga boleh minum minuman yg beralkohol. gmna tuh

    BalasHapus
  5. @Miz Tia : Banyakin minum jamu aja mbak,,, bikin sehat n gak bikin teler... :D

    @arie-apthanta : klo dibawa dlm konteks agama itu saya kembalikan kpd pribadi masing2 aja deh... :)

    BalasHapus
  6. ia sih bnr juga gan Rio :)

    BalasHapus

info unik (242) fakta unik (144) unik (98) musik (69) karya seni (67) aneh (62) Fakta Aneh (61) Inspirasi (40) Lifestyle (40) seni (35) Photo Unik (26) budaya (25) News (20) sejarah (20) Humor (6) Unique (1)