Kamis, 28 Maret 2013

Lagu Nina Bobo Mendunia

Nina Bobo...
Sebuah lagu yang sewaktu kecil sering disenandungkan sebagai penghantar tidur kita ternyata sudah mendunia. Kalau tidak yakin dengan hal itu, coba saja pergilah ke situs youtube, kemudian ketik kata kunci Nina Bobok, maka akan muncul beberapa video tentang video lagu Nina Bobo.

Dan diantara deretan video tersebut terdapat beberapa penyanyi asing yang menyanyikan lagu Nina Bobok diantaranya, Anneke Gronloh,Wieteke van DortLi Xiao Mei, Jack Jersey, dan yang paling baru adalah Claudia Patacca dan Gerrit Ellen..

Video yang diunggah oleh akun biancajans, menampilkan sebuah orkestra di Belanda dengan paduan suara bernama ‘Die Minnesanghers’ yang dipimpin oleh Claudia Patacca dan Gerrit Ellen menyanyikan lagu Nina Bobo dengan indah.

Lirik lagu ini dinyanyikan sama dengan yang kita tahu, “Nina Bobo oh Nina Bobo, kalau tidak bobo digigit nyamuk”. Sebuah penampilan yang bisa dikatakan mempesona karena dinyanyikan dalam bentuk paduan suara, oleh warga Belanda pula. Tepuk tangan meriah pun diberikan oleh para penonton. Para penyanyi pun terlihat bangga dalam menyanyikannya.


Video yang diunggah pada tanggal 9 Januari 2011 itupun telah disaksikan oleh lebih dari 21 ribu pengunjung, dan berbagai komentar positif pun mengalir untuk video tersebut.

Seperti yang disebutkan di atas, lagu ini pun pernah dinyanyikan oleh seorang penyanyi wanita asal China. Video yang diunggah oleh akun eastasianmusicloverpada tanggal 19 Februari 2011 ini dinyanyikan oleh Li Xiao Mei, namun hanya dalam format suara saja. Bedanya, dalam versi ini lagu tersebut dinyanyikan dengan lirik mandarin, walau kata Nina Bobo-nya tidak dihilangkan. Video ini mendapat perhatian dari sekitar 1100 pengunjung.

Indonesia bisa bangga bahwa lagu ciptaan bangsa ini mampu mengalun dengan indah di berbagai Negara di dunia. Namun, sampai saat ini masih belum jelas siapakah yang menciptakan lagu tersebut. Yang jelas, kata ‘Nina Bobo’ lahir sebagai terjemahan dari lullaby, yang berarti Lagu Penghantar Tidur.

Tak hanya lagu Nina Bobo, ternyata masih banyak lagi lagu Indonesia yang dinyanyikan oleh penyanyi mancanegara. Kita boleh bangga karena hasil karya dalam bentuk seni, termasuk musik, asal Indonesia semakin mampu dinikmati oleh seluruh bangsa di penjuru bumi ini.



Asal Mula Lagu Nina Bobo
Ada teori yang menyatakan lagu Nina Bobo berasal dari akulturasi budaya Portugis pada di abad ke 16. Dalam bukunya, Portuguese influence in Indonesia, Antonio Pinto da Franca, menyatakan Nina Bobo adalah berasal dari bahasa Portugis lama yang berarti, ‘tidurlah anakku’.

Tidak hanya itu saja, ada juga cerita lain mengenai asal mula lagu Nina Bobo ini, berikut cerita nya yang saya ambil dari Google:

Jadi ternyata Nina di lagu ‘Nina Bobo’ ini anak perempuan blasteran Indonesia-Belanda yg lahir di tahun 1871 Nama lengkapnya Helenina Mustika Van Rodjnik. Ibunya orang Jawa, sehari-hari kerja sbg penari. Bapaknya Belanda, namanya Kapten Van Rodjnik
Kabarnya sejak si Helenina masih bayi, dia selalu susah tidur. Setiap mau tidur selalu berontak dan nangis-nangis krn susah tidurnya si Helenina tadi, ibunya selalu nyanyiin senandung kecil buat mancing Nina tidur Lama kelamaan Helenina jadi terbiasa harus dinyanyiin dulu sebelum dia tidur. Setiap malem kalau nggak dinyanyiin dia nggak bisa tidur Krn kebiasaan ini, Kapten Van Rodjnik minta sama istrinya untuk sekalian ngebuat lirik penenang, spy Helenina dan Van Rodjnik bisa ngerti Karna di rumah mereka banyak nyamuk, dibuatlah lirik Nina Bobo kayak yg skrg sering kita denger Di tahun 1875, Helenina sakit parah, demam tinggi gitu. Gara-gara sakit itu, dia nangis setiap malam Sakitnya Helenina berkepanjangan. si ibu tiap malam terus-terusan nyanyiin Nina Bobo supaya si Nina bisa tidur. Sampai akhirnya di tahun 1878 Helenina meninggal, waktu itu umurnya masih 6 tahun. Keluarga Van Rodjnik sedih, ibunya ngga bs nerima kematian Helenina Seminggu setelah kematian Helenina, Kapten Van Rodjnik ngedapetin istrinya nyanyiin lagu Nina Bobo di kamar mandi. Suaranya menggema, Setelah ditanya Kapten, istrinya bilang kalau dia ngedenger Helenina nangis di situ. Jadi dia inisiatif buat nyanyiin Nina Bobo.Setelah kejadian itu, krn sedih dan ngerasa kehilangan, ibu Helenina masih suka nyanyiin lagu Nina Bobo selama bertahun-tahun. Sampai akhirnya Ibu Helenina (yg namanya Mustika) meninggal di tahun 1929 Setelah kematian Ibu Mustika dan Helenina, Kapten Van Rodjnik tinggal sendirian di rumah td. Katanya ada bbrp kejadian yg menimpa si Kapten Pernah bbrp kali Kapten Van Rodjnik ngedenger suara bayi nangis, tapi dia nggak perduli dan langsung tidur. Akhirnya bbrp kali juga dia Beberapa kali juga dia kebawa mimpi ttg anak kecil nangis. Mungkin si Helenina tadi. Sampai puncaknya di suatu malem, Kapten ngedenger suara anak kecil nangis lagi. Tapi dia nggak perduli dan langsung tidur. Akhirnya pas tengah malem si Kapten dibangunkan oleh tangan anak kecil umur 6 tahun yg nangis2. Mungkin si Helenina tadi. Katanya si anak ngebangun sambil ngomong. Yang kira-kira bunyinya, “Papa.. Kok papa nggak nyanyiin buat Nina?” Setelah mlm itu, pikiran Kapten jd keganggu. Akhirnya dia selalu nyanyiin lagu itu sendirian di kamarnya tiap malam, sampai dia meninggal.


Nina Bobo….
Oooo…..
Nina Bobo….
Kalau tidak Bobo.. yaa udah aq aja yg Bobo....  :D

0 komentar:

Posting Komentar

info unik (242) fakta unik (144) unik (98) musik (69) karya seni (67) aneh (62) Fakta Aneh (61) Inspirasi (40) Lifestyle (40) seni (35) Photo Unik (26) budaya (25) News (20) sejarah (20) Humor (6) Unique (1)