Kamis, 16 Desember 2010

ALIRAN MUSIK DI INDONESIA TIDAK BERKEMBANG

Musik merupakan bagian tidak terpisahkan dari negeri, dari musik tradisional sampai musik modern. Indonesia memang negara yang sangat kaya dengan budaya khususnya musik yang saya bicarakan disini. Tetapi mungkin itu dulu tidak sekarang, musik tradisional yang banyak sekali aliran dan jenisnya kalau kita mau menghitung dari sabang sampai merauke tapi sudah sangat jarang sekali ditampilkan. Musik modern, meskimemiliki banyak musisi yang berkecimpung di dalamnya tapi tetap miskin tema. Dangdut mengusung tema cinta, Pop juga mengusung Cinta, Rock, hampir tidak ada musik rock di Indonesia sekarang ini.
Kalau kita melihat perkembangan industri musik Indonesia ini memang luar biasa perkembangannya. Setiap hari bermunculan wajah – wajah baru di belantika musik Indonesia. Namun saat kita ditanya semakin majukah kualitas musik di Indonesia mungkin kita akan membutuhkan waktu sejenak untuk menjawabnya. Karena memang kelihatannya musik di Indonesia tidak semakin maju, lihat saja betapa kita dulu kaya dengan aliran musik dan para musisi terdahulu memiliki ciri khas masing – masing dengan mengusung banyak tema legu dalam bermusik. Sehingga karya mereka para musisi terdahulu masih enak dan layak di dengar setelah puluhan tahun lagu itu beredar. Berbeda dengan lagu dan musisi saat ini yang lagu tidak mampu bertahan lama.
Indonesia memiliki banyak musisi legendaris yang sampai saat ini lagunya masih bertahan meski orangnya sudah tiada. Beberapa musisi legenda diantaranya Iwan Fals, Crisye, Koes Plus, Good Bless, Gombloh, Rhoma Irama, Ebiet G Ade, Slank, Dewa dan mungkin masih banyak lagi. Seakan kita saat ini akan sangat sulit menemukan pengganti dari musisi tersebut. Saya akan mengulas beberapa musisi di atas :

IWAN FALS
Beliau yang kemarin baru saja berulang tahun sampai sekarang lagunya masih exis. Tema lagu yang kritis terhadap pemerintah, peka dengan keadaan di masyarakat yang sedang terjadi, tepi juga mampu memberikan lagu – lagu cinta yang romantis.


RHOMA IRAMA
Bang haji memang pantas menyandang gelar raja dangdut sepanjang masa-nya Indoensia. selain memiliki suara yang bagus, beliau mampu meciptakan syair lagu yang bagus pula, gak norak, juga memiliki makna mendalam, begitu peka dengan lingkungan. Coba kita lihat penyanyi dangdut sekarang in, sepertinya saat orang melihat konser dangdut bukan lagu yang mereka nikmati tetapi goyangan dari penyanyinya yang lebih dinikmati.


GOD BLESS, POWER METAL, EDANE
Group band ini simbol kejayaan musik rock Indonesia masa lalu. Musik mereka yang keras mampu membangkitkan jiwa para kawula muda Indonesia. Saat ini kita benar – benar kehilangan musik cadas. Jika kita melihat lagu – lagu sekarang ini mungkin memang musisi bangsa ini sedang mengalami kelesuan, terbukti lagu – lagu yang dihasilkan hampir semua lagu – lagu cengeng yang membuat para generesai muda yang merupakan penikmat musik terbesar menjadi generasi muda yang lembek dan mudah putus asa.
Semoga dari uraian ini bisa menjadi renungan buat musisi Indonesia untuk menjadi lebih kreatif dalam memilih lagu dan mampu menghasilkan karya yang beragam,dan tidak hanya bisa mengikut atau menjadi PLAGIAT..

0 komentar:

Posting Komentar

info unik (242) fakta unik (144) unik (98) musik (69) karya seni (67) aneh (62) Fakta Aneh (61) Inspirasi (40) Lifestyle (40) seni (35) Photo Unik (26) budaya (25) News (20) sejarah (20) Humor (6) Unique (1)
Review www.vanillavanka.blogspot.com on alexa.com
My Ping in TotalPing.com