Selasa, 19 Februari 2013

Inilah Lampu Pijar Tertua di Dunia, Tetap Bersinar Selama 130 Tahun



Lampu pijar atau lampu bohlam masih setia menerangi malam kita meski teknologi saat ini menawarkan lampu jenis lain yang lebih terang, lebih canggih, serta ekonomis dan hemat daya. Salah satu lampu pijar tertua di dunia ada di Inggris. Lampu ini dibuat pada tahun 1883 dan tetap terang benderang hingga hari ini. Setidaknya lampu bohlam tersebut telah berusia 130 tahun.

Lampu ini miliki enam filamen internal. Lampu ini milik Crook Florence Beth. Ia membawanya ke sekolah sebagai salah satu bagian dari mata pelajaran ilmu pengetahuan kala itu. Kemudian lampu ini diteruskan ke anaknya Kenneth dan Lancs. Kini lampu tersebut tetap dimiliki janda berusia 79 tahun ini dan masih menerangi rumahnya.

Lampu pijar ini merupakan salah satu produk perdana pabrik Ediswan yang mulai memroduksi pada tahun 1881. Patut diketahui jika Ediswan sendiri adalah sebuah kolaborasi antara dua fisikawan terkemuka dunia: Sir Joseph Swan (Inggris) dan penemu bola lampu Thomas Edison (AS).
Diproduksi tahun 1883, dua tahun sejak Pabrik Ediswan berdiri
Sementara itu menurut Guinness Book of Records, bola lampu tertua di dunia dan terus digunakan telah menyala selama 109 tahun. Bohlam lampu ini ada di Fire Station 6, Livermore, California Utara, AS. Sedangkan pada tahun 2009 lalu, pemerintah Inggris sendiri telah mengganti lampu semacam ini dengan lampu jenis lain yang ramah lingkungan (model neon). AS pun juga mengeluarkan UU serupa.

0 komentar:

Posting Komentar

info unik (242) fakta unik (144) unik (98) musik (69) karya seni (67) aneh (62) Fakta Aneh (61) Inspirasi (40) Lifestyle (40) seni (35) Photo Unik (26) budaya (25) News (20) sejarah (20) Humor (6) Unique (1)
Review www.vanillavanka.blogspot.com on alexa.com
My Ping in TotalPing.com