Minggu, 21 Oktober 2012

Ketahuilah Berbagai Jenis Fobia



Fobia bisa menyergap siapa saja. Ketakutan berlebihan yang bersifat tak rasional ini memiliki kadar beragam. Mulai dari yang tidak terlalu serius seperti takut melihat laba-laba hingga fobia yang perlu pengobatan, seperti takut bertemu orang.

Gangguan psikologis ini bahkan dialami sejumlah selebritas. Ada Oprah Winfrey yang mengalami fobia permen karet. Ada pula aktris Natalie Wood yang hydrophobia atau takut berada di dalam air.

Woody Allen bahkan memiliki fobia yang cukup banyak: takut ketinggian, ruang tertutup, serangga, dan kekhawatiran melebihi orang normal. Ia juga takut warna-warna cerah, binatang, lift dan selai kacang yang menempel di langit-langit mulutnya.

Dari beragam fobia, berikut beberapa di antaranya yang mungkin membuat orang di sekeliling mengernyitkan dahi, seperti dilansir Times of India.

• Arachnofobia: takut laba-laba
Mereka dengan arachnofobia selalu merasa tidak nyaman ketika melihat laba-laba. Mereka bahkan bisa menangis, sesak napas, atau mengalami keringat berlebih hanya dengan melihat gambar atau foto laba-laba.

• Ophidiophobia: takut ular
Mereka cenderung mengembangkan pikiran yang memicu paranoid saat mengamati gambar, gerakan, atau desis ular. Mereka akan mengalami gejala-gejala seperti kecemasan berlebih, serangan panik, kehilangan kendali, pingsan, rasa takut tak terkontrol, hingga keinginan berlari.

• Agoraphobia: takut kerumunan
Ini berkaitan dengan rasa tak nyaman berada di ruang publik. Bisa di tempat ibadah, di mal, di kawasan ramai lainnya, bahkan di rumah sendiri. Rasa tak nyaman itu biasanya ditandai dengan gejala panik yang diikuti perasaan stres berlebih.

• Cynophobia: takut anjing
Faktor pemicu ketakutan yang berhubungan dengan jenis fobia ini beragam. Ada yang hanya takut anjing dengan jenis tertentu. Namun, seringkali berhubungan dengan trauma masa lalu, seperti pernah digigit anjing. Gejalanya, langsung muncul keinginan melarikan diri, bersembunyi, bahkan sambil menangis saat melihat sosok anjing.

• Astraphobia: takut guntur dan kilat
Mereka yang mengidap fobia ini sering merasa khawatir terutama saat badai datang. Gejalanya menangis, berkeringat, dan panik. Dalam kondisi itu, mereka biasanya segera mencari tempat perlindungan aman seperti di bawah tempat tidur sambil menutup telinga. Gejala yang muncul biasanya bertambah buruk saat sedang sendiri

• Trypanophobia: takut jarum suntik
Saat melihat jarum suntik, mereka biasanya akan mengalami serangan panik berlebih, peningkatan denyut jantung, gemetar, dan gejala ekstrem lainnya. Mereka sebisa mungkin menghindari perawatan medis. Ini demi menghindari kemungkinan bertemu jarum suntik atau suntikan.

• Socialphobia: takut situasi sosial
Mereka biasanya merasa malu dan tak percaya diri apabila berhadapan dengan orang banyak. Mereka lebih senang menyendiri daripada harus merasakan gelisah tak terkontrol, keringat dingin, dan gugup gemetar.

• Pteromerhanophobia: takut terbang
Mereka takut berada di udara. Begitu memasuki pesawat terbang, mereka langsung mengembangkan pikiran buruk seputar kecelakaan pesawat. Sembari merajut pikiran-pikiran negatif, mereka tak jarang mengeluarkan keringat dingin dan mengalami sesak napas.

• Mysophobia: takut kuman atau kotoran
Mereka memiliki pikiran bahwa tubuhnya akan terkontaminasi saat menyentuh benda yang kotor dan berdebu. Demi menjaga kebersihan tubuhnya, ia selalu membekali diri dengan sabun antiseptik. Karena jika merasa kotor, ia tak jarang merasa gemetar, pusing, berkeringat, nyeri dada, dan mual.

0 komentar:

Posting Komentar

info unik (242) fakta unik (144) unik (98) musik (69) karya seni (67) aneh (62) Fakta Aneh (61) Inspirasi (40) Lifestyle (40) seni (35) Photo Unik (26) budaya (25) News (20) sejarah (20) Humor (6) Unique (1)